Mengisi Baterai dari Gerakan Kinetik

Baterai adalah penyimpan energi listrik. Contoh paling umum adalah mobile phone, dan karena tidak nyaman tanpa mobile phone, kita membawa charger ataupun baterai backup. Perusahaan baterai isi ulang (rechargeable) seperti Sanyo Eneloop juga membuat baterai untuk mobile phone, seperti Mobile Booster.

Seandainya baterai bisa diisi ulang oleh gerakan? Contohnya seperti lampu sepeda lama yang dinyalakan oleh gerakan roda. Putaran roda menghidupkan generator listrik untuk lampu sepeda. Perusahaan mobile phone besar seperti Nokia, sudah memiliki teknologi tersebut, harvest piezoelectric kinetic energy. Jenis tertentu dari keramik dan kristal, mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Energi listrik yang dihasilkan cukup kecil untuk perangkat mobile.

Sementara itu di Jepang, seorang peneliti bernama Toshiyuki Ueno di Universitas Kanazawa Jepang, membuat pembangkit tenaga listrik mini. Baterai memiliki kepadatan energi sekitar 22 mW/cm3, yang mana 20 kali lebih besar dari getaran-driven generator lainnya yang dibuat dengan bahan piezoelektrik.

Bahan yang digunakan adalah  ‘galfenol’. Galfenol adalah paduan besi dan gallium dengan sifat Magnetostriktif yang, seperti bahan piezoelektrik, bereaksi ketika membentang mekanis. Bahan Magnetostriktif digunakan dalam perangkat kinetik karena bereaksi ketika medan magnet diterapkan, mengubah bentuk.

Aplikasi dapat diterapkan pada jam tangan, dan juga dapat digunakan di jalan raya untuk menghasilkan listrik dari mobil yang lewat untuk lampu daya dan billboard.

Sumber: Inhabitat

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: