Pembangkit Listrik Sinar Panas Matahari

Pembangkit listrik sinar panas matahari dapat dikategorikan sebagai pembangkit listrik hijau dengan tenaga uap. Panas yang dihasilkan dari tenaga matahari digunakan untuk memanaskan air, air menggerakkan turbin, menghasilkan listrik.

Di gurun Mojave California, perusahaan teknologi surya BrightSource, memasang cermin Heliostat untuk mengumpulkan sinar panas matahari. Dengan instalasi tersebut akan dihasilkan 500 Mega Watt untuk digunakan oleh 375,000 rumah.

Cermin datar Heliostat tersebut bergerak sesuai dengan sinar matahari, dan memusatkan sinar pada menara pengumpul. Panas yang dihasilkan digunakan memanaskan boiler sampai dengan 550 derajat Celcius. Cermin Heliostat tersebut disusun dalam lingkaran dengan menara pengumpul di pusat. Kumpulan cermin tersebut disebut cluster. Satu cluster dengan 10,000 cermin heliostat menghasilkan sekitar 20 Mega Watt.

Menara pengumpul dibangun dari baja, boiler air di ujung atas, dan turbin di bagian bawah. Ketinggian menara disesuaikan dengan refleksi sinar matahari cermin terjauh. Panas menghasilkan uap yang menggerakkan turbin. Air dialirkan kembali ke boiler, dalam siklus yang berulang.

Proyek pembangkit listrik sinar panas matahari lainnya dibangun di Seville, Spanyol.

Artikel terkait: Pembangkit Listrik Uap dengan Solar Collector

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: