Jenis Charger Baterai

Baterai adalah perangkat kimia untuk menyimpan arus listrik. Untuk mengisi baterai dibutuhkan charger. Ini ada tiga jenis charger untuk baterai:

Slow Charger : Juga terkenal sebagai “overnight charger” atau “normal charger”, slow charger melakukan pengisian 0.1 dari kapasitas baterai. Contohnya baterai aki basah dengan kapasitas 60 Ah, akan di charge dengan arus sebesar 6 Ampere. Waktu pengisian umumnya 14 sampai 16 jam. Pada umumnya, jenis slow charger ini tidak memiliki deteksi full charge, sehingga tidak ada perpindahan ke pengisian ke arus kecil. Slow-charger adalah murah dan dapat digunakan hanya untuk baterai NiCd.

Jika arus pengisian ulang diatur dengan benar, baterai pada slow-charger tetap hangat jika disentuh dan terisi penuh. Pada kasus ini, baterai tidak perlu dihilangkan tiba-tiba saat siap tapi tidak seharusnya tetap tinggal pada charger lebih dari satu ahri. Semakin cepat baterai dihilangkan setelah pengisian penuh, semakin baik.

Masalah muncul saat baterai yang lebih kecil (Ampere hour) diisi ulang dengan charger yang untuk ukuran Ah besar. Baterai akan cepat panas setelah melewati 70 persen tingkat pengisian, hal ini disebabkan Ampere yang besar diberikan oleh charger.

Hal yang berlawanan dapat terjadi ketika baterai yang besar diisi ulang pada charger yang diciptakan untuk baterai dengan ukuran kecil. Pada beberapa kasus, tidak dapat diisi secara penuh. Baterai akan tetap dingin selama pengisian dan tidak akan bekerja sesuai harapan. Baterai nickel-cadmium (NiCd) terus menerus pada akhirnya akan kehilangan kemampuan mereka untuk menerima beban undercharged penuh karena memori.

Quick Charger / Rapid charger: Pengisian memakan waktu 3 sampai 6 jam dan charger akan memberikan arus 0.3 x kapasitas Ampere hour dari baterai. Charge control diperlukan untuk memutuskan pengisian pada saat baterai sudah penuh.

Fast Charger : memiliki kelebihan waktu pengisian ulang yang pendek. Karena pasokan daya lebih besar dan rangkaian kontrol yang dibutuhkan lebih besar, dan harganya lebih mahal. Arus pengisian pada charger ini adalah sebesar Ampere hour dari baterai. Artinya 1 jam untuk batere sesuai dengan jumlah Amperenya.

Jenis charger baru dapat juga menggunakan solar cell sel surya.

Related link: Sumber Listrik Baterai, Solar Charge Controller untuk Baterai, Solar Cell Handphone, Solar Cell Charger.

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: