Server Google Data Center Berbaterai

Ternyata Google merancang server sendiri. Pada server Google di Data Center, terdapat baterai aki 12 Volt. Baterai 12 Volt tersebut akan mencatu motherboard, hardisk dan fan, jika listrik mati.

Seperti kita ketahui Google adalah perusahaan search engine terbesar. Dari keuntungan iklan setelah menjadi search engine terbesar, Google juga memberikan email gratis (Gmail), Google Maps, Google Earth, Android, dll. Jadi tentu saja Google memiliki banyak server.

Menurut Cnet, sejak tahun 2005 Google telah menggunakan server rancangan sendiri. Baterai hanya akan mencatu motherboard, hardisk dan fan apabila listrik mati. Pada saat ada listrik, power supply akan mengisi baterai. Baterai yang digunakan seperti terlihat pada gambar adalah baterai aki 12 Volt.

Power supply umumnya mencatu 5 Volt dan 12 Volt untuk motherboard dan perangkat lainnya. Motherboard Google akan menkonversi catu dari 12 Volt dari baterai maupun power supply untuk penggunaan server.

Dengan baterai pada masing-masing server, data center Google tidak membutuhkan UPS yang besar. UPS atau Uninterruptable Power Supply, menggunakan baterai untuk mengkonversikan arus DC menjadi arus AC yang akan digunakan oleh server. UPS bekerja pada saat listrik mati. UPS besar juga sangat mahal.

Google melihat bahwa konversi tersebut mengurangi efisiensi, sehingga terciptalah design baterai aki 12 Volt untuk server. Server berbasis rack mount, ketinggian server adalah 2U.

Sedikit gossip, berapa banyak server yang dimiliki oleh Google? Dari informasi Cnet, paling tidak Google memiliki 200.000 server.

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: