Pembangkit Listrik Uap Solar Collector

Listrik dapat dihasilkan dari tenaga uap, uap menggerakan generator, uap didapatkan dari pembakaran seperti gas, batubara, minyak bumi. Yang kita bahas disini adalah tenaga uap yang dihasilkan oleh pemanasan matahari.

Panas matahari dikumpulkan dengan solar thermal collector, digunakan untuk memanaskan air,  memproduksi uap air, penggerak turbin generator listrik.

Ada beberapa jenis dari tipe-tipe pengumpul panas tenaga matahari, seperti parabola, dan menara surya.

Parabolic Trough
Tipe pengumpul ini umumnya digunakan pada listrik tenaga surya. Pantulan cahaya bentuk palung parabola digunakan untuk mengkonsentrasikan cahaya matahari pada tabung isolasi atau pipa panas, ditempatkan pada titik api, mengandung zat pendingin yang mentransfer panas dari pengumpul pada boiler di stasiun energi.

Parabolic Dish
Tipe pengumpul yang paling kuat yang mengkonsentrasi cahaya matahari pada titik api. Pada titik api tersebut dipasang konsentrator berbasis stirling engine. Konsentrator menggerakan turbin untuk menghasilkan listrik.

Stirling engine adalah mesin yang digerakkan oleh pemanasan. Pemanasan menyebabkan kompresi dan ekspansi udara atau gas, menggerakkan mekanik motor.

Menara Sinar
Menara sinar adalah menara yang besar yang dikelilingi oleh cermin kecil yang berotasi mengikuti sinar matahari (heliostats). Cermin ini memfokuskan cahaya matahari pada bagian atas menara, mengumpulkan panas untuk ditransfer pada stasiun energi.

Kelebihan Pembangkit Listrik Uap dengan Sinar Matahari

  • Dapat mencapai suhu tinggi. Suhu tinggi sangat cocok untuk listrik menggunakan metode konvensional seperti turbin uap atau beberapa suhu tinggi langsung reaksi kimia.
  • Efisiensi yang bagus. Dengan mengkonsetrasikan cahaya matahari akan dapat efisiensi yang lebih baik dari sel solar yang biasa.
  • Area yang luas dapat dicover dengan menggunakan cermin yang tidak terlalu mahal daripada menggunakan solar cell yang mahal.
  • Cahaya yang terkonsentrasikan dapat dihantarkan via kabel serat optik untuk penerangan.
  • Penyimpanan panas untuk produksi listrik pada saat langit berawan dan malam hari dapat dilakukan, dengan penyimpanan tangki panas fluida garam cair di bawah tanah.

Kekurangan

  • Listrik dengan memfokuskan sinar matahari memerlukan pelacakan matahari untuk mempertahankan fokus pada perangkat pengumpul.
  • Ketidakmampuan untuk menyediakan listrik pada kondisi cahaya yang tidak menentu. Solar cell mampu menyediakan listrik meskipun langit menjadi sedikit berawan.

Tags: , ,

2 Responses to “Pembangkit Listrik Uap Solar Collector”

  1. Hunian Atap Solar Panel Instalasi Passive Solar « Solarcellpanel's Energy Blog Says:

    […] Pembangkit Listrik Uap Solar Collector […]

  2. Pembangkit Listrik Sinar Panas Matahari « Solarcellpanel's Energy Blog Says:

    […] Artikel terkait: Pembangkit Listrik Uap dengan Solar Collector […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: